Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • K Radio Jember 102,9 FM
blog-img-10

BUKA PELUANG KOLABORASI OPD, PEMKAB JEMBER JALIN KERJA SAMA DENGAN UMJ DI SELA ACARA WISUDA

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember resmi menjalin kerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Jember (UMJ). Secara simbolis, nota kesepakatan ditandangani secara bergantian oleh Rektor UMJ, Hanafi dan Bupati Jember, Hendy Siswanto. Penandatanganan tersebut dilakukan di sela acara Wisuda pada Sabtu (25/9/2021) pagi di gedung Ahmad Zainuri UMJ.

Hendy menyambut baik terjalinnya kerjasama tersebut dan membuka peluang untuk berkolaborasi dengan UMJ. Mulai dari sistem birokrasi ataupun terkait pengembangan Jember ke depan dalam semua bidang dengan melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Menurut Hendy, civitas akademika dari UMJ bukan hanya dosen, melainkan juga mahasiswa. Nantinya, mereka bisa secara langsung berkolaborasi dengan Pemkab dan melakukan pengabdian bagi masyarakat.

Hendy mengakui, Pemkab Jember punya sejumlah persoalan dalam pengembangan perekonomian maupun sektor lain yang ada di Kecamatan hingga Desa. Sehingga pihaknya perlu dukungan dari perguruan tinggi untuk bersama menyelesaikan masalah dan melakukan pengembangan.

Dikonfirmasi bersamaan, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UMJ, Bagus Setya menyampaikan, pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu keharusan sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Seperti salah satunya KKN tematik yang dilakukan dua kali dalam setahun. Dalam satu kali KKN, pihaknya menerjunkan mahasiswa langsung ke desa untuk bisa membantu permasalahan, baik dari sektor pendidikan ataupun perekonomian.

Bagus melanjutkan, selain itu dosen dan mahasiswa juga telah lama melakukan pengabdian, baik dengan pendanaan pemerintah pusat ataupun daerah. Namun ia mengungkapkan, perlu dilakukan formalisasi dan penataan agar manfaat dari pengabdian bisa memberikan nilai tambah kepada masyarakat ataupun civitas akademikanya. Sehingga, dengan terjalinnya kerja sama dengan Pemkab Jember, hal tersebut bisa terwujud.(rex)

Live Stream